Pusat Informasi

Rabu, 28 Desember 2011

Tips Menjaga keamanan Account PayPal

Beberapa waktu belakangan ini serangan hacker aka cracker mulai merajalela menyerang pelaku bisnis online pengguna dan pemilik akun PayPal, beberapa korban pun berjatuhan.

Sebenarnya penggunaan PayPal (account paypal) sangat aman, yang menjadikan paypal tidak aman adalah “email” yang kita gunakan terutama email gratisan seperti yahoo dan gmail. Oleh karena itu peningkatan dan kewaspadaan terhadap keamanan kepemilikan akun email perlu diperketat. Apalagi penggunaan akun email gratisan seperti yahoo, gmail atau lainnya.

Beberapa tips ringan namun sangat penting yang perlu dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kemanan akun email ataupun akun-akun lainnya dari hal-hal yang tidak diinginkan (serangan hacker aka cracker) adalah:

1. Jangan menggunakan pertanyaan keamanan yang mudah ditebak, contohnya menggunakan nama kota tempat tinggal, tanggal lahir, nama istri, anak bahkan pacar gelap. Karena hacker ternyata sudah melakukan riset untuk mendapatkan semua data itu, dan kelemahan di email yahoo, ketika kita mengganti pertanyaan keamanan ini ternyata tidak sepenuhnya menghapus pertanyaan keamanan lama. Sehingga ketika hacker mendapatkan pertanyaan keamanan kamu yang lama, dia bisa menggunakannya untuk mereset password kita.

2. Jangan mengetikkan password langsung di layar atau kotak login, lebih baik gunakan software seperti neos-softkeys atau lainnya yang dipercaya, jadi kita tidak perlu mengetik keyboard, dan pastekan password ke kotak login.

3. Jangan memberikan identitas asli kita ke siapapun kecuali untuk kontak pribadi orang-orang tertentu, karena ternyata hacker dapat meminta password dan pertanyaan keamana melalui fitur “help” yang disediakan yahoo dengan memberikan data-data kita. Yahoo akan menganggap bahwa hacker adalah kita karena data yang diberikan sudah lengkap dan ada di database mereka, hasilnya pasword dan pertanyaan rahasia/keamanan akan dikirimkan oleh yahoo ke hacker melalui emailnya.

4. Jangan menggunakan email yahoo atau gmail sebagai email alternative untuk merestore password kita, gunakan email dari domain kita yang notabenenya lebih aman.

5. Tambahkan lagi 2 email di account paypal kita, dan jadikan email domain berbayar sebagai email utama sehingga semua perubahan akan dikirim ke email itu.

6. Untuk yang melakukan bisnis, sebaiknya jangan menggunakan email yang sama antara pembayaran dan komunikasi dengan klien.

7. Setelah sign out dari paypal, hapus chace browser kita.

8. Jangan membagikan/memberikan nomor rekening/CC/VCC kita ke publik terutama nomor rekening yang kita tambahkan di paypal, karena data no rek/CC/VCC bisa digunakan untuk mereset password. Jadi, gunakan rekening yang berbeda antara account paypal dan transfer lokal dengan klien kita.

Bagaimana jika akun PayPal kita sudah terlanjur di HACK? Jangan panik, berikut ini adalah tips yang bisa digunakan:

1. Segera telpon paypal: nomor telponnya ada di paypal, cari “contact us” >>>> 65-65104584

2. Jelaskan kepada CS paypal bahwa account kita telah dicuri, kemudian pasti kita akan ditanya perihal data diri dan data account paypal kita.

3. Dari pengalaman, dana yang sudah diambil hacker akan di refund dan account untuk sementara di limited dan data email yang sudah diganti akan dikembalikan dengan email asli kita.

4. Jika sudah seperti ini, langkah yang paling penting adalah bagaimana caranya agar email yang kita gunakan sebagai email utama tetap aman dari pembobolan ulang, karena jika terus dibobol pasti dia (hacker aka cracker) juga akan merubah password paypal kita, lagi.. lagi dan lagi…

5. Jangan khawatir, selama kita punya email alternative yang lebih aman, kita cenderung lebih unggul dibandingkan hacker. Sambil memantau email, upload dokumen ke paypal dan usahakan restore secepatnya, karena jika tidak restore, kita tidak bisa mengganti email utama dengan email yang lebih aman.

6. Begitu restore, ganti email utama dengan email yang lebih aman dan hapus email yang sudah terhack selamanya.

7. Pada intinya JANGAN PANIK, karena hacker tidak akan berbuat apa-apa kecuali MATA PEDES melototin komputer sepanjang hari… besides, paypal pasti membantu..


Related Articles



0 komentar:

Posting Komentar